Konfigurasi ERP Fasilkom UI 2020: [UAS-No2] - Setup Odoo Docker di DigitalOcean dan Simulasi Procurement Process Divisi Purchase PT KITA 2020

#Nathanael 
#1706043670 
#UIERP1 
#UniversitasIndonesiaFasilkom 
#ERP 
#Odoo 
#Dr. Ir. Agung Terminanto, MBA

============================

Selamat malam semuanya, dalam post ini saya ingin membagikan video setup Odoo Docker di DigitalOcean dan simulasi procurement process kedua Divisi Purchase PT KITA bersama PT BMS sebagai vendor.

Berikut video setup Odoo Docker di DigitalOcean:

Simulasi ini juga bisa dilihat melalui video berikut ini:



1. Pemilihan Vendor
Sebelum bekerja sama atau membangun hubungan bisnis dengan vendor atau supplier, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti: kredibilitas, harga, kualitas, referensi, dan masih banyak hal lain. Saat awal, PT KITA telah memilih PT KBE dan PT BMS sebagai vendor utama karena pilihan material dan standar kualitas yang comply dengan visi dan misi perusahaan PT KITA sebagai perusahaan manufaktur. Dalam simulasi ini PT KITA akan berkolaborasi kembali dengan PT BMS untuk pengadaan kursi kantor sebanyak 100 buah.

2. Jaringan Komunikasi
Komunikasi secara informal diperlukan untuk membangun jaringan komunikasi interpersonal sebelum akhirnya terjun ke bisnis. Dalam simulasi ini, saya sebagai manajer divisi purchase dari PT KITA kembali menghubungi Rahmadian Tio, manajer divisi sales dari PT BMS (perusahaan e-commerce) melalui media email dan whatsapp. Rekam halaman komunikasi terlampir.



Rahmadian Tio memberikan informasi ada perubahan pada katalog produk PT BMS


Saya sebagai Manager Divisi Purchase meminta katalog terbaru yang diinformasikan Tio


PT BMS mengirimkan katalog produk terbaru


Saya membuat RFQ berdasarkan barang yang ingin diadakan dari katalog produk PT BMS


Kemudian mengirim RFQ ke PT BMS

3. Persetujuan Harga
Ketika kedua pihak sudah mencapai “deal” dan pihak vendor (PT BMS) telah mengirimkan konfirmasi, saya mengirimkan dokumen Purchase Order berdasarkan RFQ terakhir kepada PT BMS. Gambar terlampir.



Mencetak PO dari RFQ yang telah disetujui dan mengirimkan kembali ke PT BMS

Pihak Vendor akan mengirimkan dokumen Sales Order dan mulai memproses transaksi berdasarkan Sales Order.


Sales Order dari PT BMS

Sesuai persetujuan di awal kerja sama, PT BMS akan mengirimkan Invoice setelah proses delivery selesai.


Invoice dari PT BMS

4. Penyelesaian Transaksi
Divisi inventori akan melakukan pencocokan jumlah barang yang diterima untuk didata sebagai aset / inventori gudang (warehouse) dan proses pembayaran diserahkan pada divisi accounting and finance.

Comments