[UTS-No2] - Skenario Transaksi Proses Bisnis - Divisi Purchase


#Nathanael
#1706043670
#UIERP1
#UniversitasIndonesiaFasilkom
#ERP
#Odoo
#Dr. Ir. Agung Terminanto, MBA.

=====
Post serupa juga terdapat pada PT KITA 2020
=====


Selamat malam semuanya, dalam postingan ini saya akan membagikan skenario transaksi proses bisnis divisi purchase PT KITA.

Pemilihan Vendor

Sebelum bekerja sama atau membangun hubungan bisnis dengan vendor atau supplier, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti: kredibilitas, harga, kualitas, referensi, dan masih banyak hal lain.

PT KITA memilih PT KBE dan PT BMS sebagai vendor utama karena pilihan material dan standar kualitas yang comply dengan visi dan misi perusahaan PT KITA sebagai perusahaan manufaktur.

Membuat jaringan komunikasi

Komunikasi secara informal diperlukan untuk membangun jaringan komunikasi interpersonal sebelum akhirnya terjun ke bisnis. Dalam hal ini, saya sebagai manajer divisi purchase dari PT KITA membangun jaringan pertemanan dengan Rahmadian Tio, manajer divisi sales dari PT BMS (perusahaan e-commerce)
Setelah komunikasi berjalan, saya memulai komunikasi bisnis dengan meminta katalog produk PT BMS melalui media komunikasi Slack. Rekam halaman komunikasi terlampir.






Negosiasi Penawaran

Setelah jaringan komunikasi antar perusahaan sudah terbangun, Tio mengirimkan katalog produk PT BMS melalui surel. Gambar terlampir



Proses negosiasi penawaran dijalankan dari dalam Odoo. Saya membuat surat permintaan penawaran (RFQ) melalui modul purchase. Gambar terlampir.



Tio kemudian mengirim quotation / penawaran (melalui Odoo modul sales). Kedua proses ini terjadi berkali – kali hingga terjadi kesepakatan harga antara PT KITA dengan PT BMS. Gambar terlampir.



Persetujuan Harga dan Transaksi

Ketika harga sudah disetujui bersama, saya mengiriman PO kepada PT BMS. Gambar terlampir.



Setelah barang sampai, saya melakukan validasi jumlah barang (Received Qty) yang sampai agar sesuai dengan PO. Gambar terlampir.

Penyelesaian Transaksi

Divisi inventori akan melakukan pencocokan jumlah barang yang diterima untuk didata sebagai aset / inventori gudang (warehouse). PT BMS mengirimkan dan melampirkan invoice (melalui Odoo) dan proses pembayaran diserahkan pada divisi accounting and finance.



Semoga dapat bermanfaat ...

Comments